“earth hour”

2008, pertama kali saya menginjakkan kaki di bumi pasundan. saat itu, antusiasme mengejar asa sedang berada di titik zenit.

hari demi hari berlalu, akhirnya saya tersadarkan bahwa saya berada di tempat yang sangat jarang mati lampu. luar biasa.

di kampung saya, mati lampu adalah sebuah rutinitas. rutinitas yang terukur. seminggu sekali dan sebulan berkali-kali.

gegara seringnya mati lampu, almarhum ayah saya sampai memutuskan untuk membeli sebuah mesin genset.

“buntu akal!”, gerutu beliau bila sudah mati lampu.

pada momen tertentu, ketika ada kampanye earth hour, saya sering mengernyitkan dahi. bagi saya, earth hour itu kontekstual. kontekstual pada aspek tempat/area/wilayah.

untuk pulau jawa (khususnya kota-kota besar), kampanye earth hour adalah perkara wajib. bagi kita yang berada di sumatera, kalimantan, sulawesi, dan daerah timur lainnya, earth hour adalah makanan berkala. minimal seminggu sekali. tak perlu dikampanyekan karena secara alamiah sudah dialami.

berhubung sudah saya singgung di paragraf sebelumnya, sekarang mari kita akui saja bahwa ini adalah bentuk disparitas pembangunan, baik secara langsung atau pun tidak langsung. sepakat?

jadi begini. saya cemburu dengan pembangunan infrastruktur di pulau jawa, utamanya listrik. salahkah bila saya cemburu?

ah sudah lah. tak perlu saya berpanjang lebar mengurai kecemburuan yang sudah saya awali ini. toh tetap tidak akan mengubah keadaan.

rasa-rasanya benarlah imajinasi liar saya bahwa sumatera harus memisahkan diri dari negeri yang tak kunjung sehat ini. negara kesatuan republik sumatera? ups, apakah imajinasi liar saya mengandung unsur makar? astaghfirulloh. maaf maaf, slip of tongue. saya cinta indonesia, serius, saya cinta indonesia.

oke sekian. selamat ber-earth hour ria kakak🙂

Leave a Reply

