tan malaka, hatta & tjokroaminoto


tan malaka, hatta & tjokroaminoto. tiga orang pahlawan yang menggoreskan aksi heroiknya dengan cara yang berbeda. saya bersyukur dapat “bercengkerama” dengan ketiganya melalui buku.

* * *

“tan malaka, bapak republik yang dilupakan”. saya mengenal beliau secara intim tahun 2010. tiap lembar kisahnya terungkap, tiap lembar itu pula kekaguman saya bertambah.

tan malaka adalah orang pertama yang menulis konsep negara republik. ini membuktikan bahwa beliau adalah pemikir (sekaligus pejuang) yang melampaui masanya.

“ingatlah! bahwa dari dalam kubur, suara saya akan lebih keras daripada dari atas bumi” (tan malaka).

* * *

“hatta, aku datang karena sejarah”. di sinilah saya mengikuti pergulatan batin seorang hatta. hatta dihadapkan pada opsi cita-cita pribadi dan keinginan sang ibu. namun realita membawanya ke jalan pergerakan (yang akhirnya membesarkan namanya).

“aku telah memilih pergerakan sebagai jalan hidupku, dan aku pun harus siap menerima segala konsekuensinya.” (hatta)

* * *

“tjokroaminoto, guru para pendiri bangsa”. beliau adalah raja tanpa mahkota yang menjadi murabbi dari para mutarabbi-nya seperti sukarno (pendiri pni & presiden pertama indonesia), semaoen (ketua umum pertama pki), musso (pemimpin pki), alimin (pemimpin pki) dan kartosoewirjo (pendiri di). di rumahnya lah, liqo ideologis diadakan.

“setinggi-tinggi ilmu, semurni-murni tauhid, sepintar-pintar siasat” (tjokroaminoto).

* * *

membaca buku sejarah tokoh bangsa itu mengasyikkan dan menyadarkan. mengasyikkan karena mengasah pikiran untuk berimaji. menyadarkan bahwa negeri ini dibangun oleh orang-orang hebat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s