#terimakasihsby

hari ini, 20 oktober 2014, purna sudah tugas susilo bambang yudhoyono (sby) sebagai presiden republik indonesia ke-6. sby merupakan presiden pertama yang dipilih secara langsung oleh rakyat. sby mendapatkan kesempatan satu dekade dalam menakhkodai negeri ini.

seperti kata adagium klasik, tak ada gading yang tak retak. pun begitu dalam kepemimpinan sby. saya termasuk bagian dari masyarakat yang sering mengkritisi keras retakan gading sby. ada banyak akumulasi kekesalan terhadap sby yang sering terucap. tapi kali ini saya enggan mengekspos retakan itu. saya hanya akan mengenang kebaikan sby yang mengimpresi saya.

1. cerdas. secara akademik, sby bergelar doktor ilmu ekonomi pertanian di institut pertanian bogor (ipb). menurut info ‘A1’, performa akademik sby di perkuliahan sangat memukau. ini nyata dan tanpa katrolan karena nama besar dan statusnya.

2. tenang. menurut saya, ketenangan menjadi salah satu patron politik sby yang sangat menonjol. saat menjadi pemenang pilpres 2009 versi lembaga survei, sby dapat menahan nafsunya untuk bereuforia, sby memilih untuk bersikap setelah adanya pernyataan resmi dari lembaga berwenang. inilah keteladanan sby.

3. stabilitas ekonomi. sebenci apapun anda terhadap sby, untuk poin kali ini, anda harus memberikan standing ovation. sby dan para pembantunya mampu membuat negeri ini memiliki resistansi yang baik terhadap serangan krisis ekonomi global tahun 2004 dan 2008.

4. tegap. ini penilaian dari segi fisik. sby tercatat dalam sejarah sebagai salah satu presiden indonesia yang tegap. sangat banyak ibu-ibu yang mengidolai sby. tak malulah negeri ini saat sby sedang berada dalam forum silaturahim nasional maupun internasional.

– – – – –

dalam kesempatan sidang pelantikan presiden terpilih, sby berdampingan dengan jokowi. entah mengapa ada rasa haru dan sedih melihat sosok sby. batin ini seperti tak rela melabelinya sebagai mantan presiden.

saya haturkan terima kasih, terima kasih dan terima kasih atas segala kerja keras sby dalam mengemban tugas mengayomi seluruh anak bangsa dari sabang sampai merauke. semoga allah membalas semua kerja keras itu dengan kebaikan dan keberkahan ubagi sby dan keluarga.

saya untaikan maaf pula karena begitu seringnya saya mengkritisi kebijakan sby. walaupun sby tak dapat membaca permohonan maaf ini, saya berharap sby ikhlas memaafkan seluruh kritikusnya.

“bangsa ini kadang tak dapat berlaku objektif dan adil terhadap sby tapi tuhan bersama insan yang beradab telah berlaku sebaliknya” – aris catur pratomo.

#terimakasihsby #terimakasihsby #terimakasihsby #terimakasihsby

indonesia, 20 oktober 2014

aris catur pratomo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s