ikhtiar meringankan asma

kali ini saya ingin berbagi tentang fakta saya yang seorang penderita asma. siapa tahu bisa menjadi bekal untuk yang membaca.

1. saat sekolah dasar, asma menjadi momok langganan saya. berulang kali kambuh tanpa kenal waktu.

2. pernah satu waktu, tengah malam, asma tak diundang mengantarkan saya ke unit gawat darurat sebuah rumah sakit. alhamdulillah, opname tak jadi ujungnya.

3. beberapa ikhtiar penyembuhan pernah saya jalani :
– jamu. ini ikhtiar saat sekolah dasar sampai sekolah menengah pertama. rutin saya minum jamu. mungkin jamunya yang jenuh saya minum. tak banyak pengaruh dalam kesembuhan asma saya.
– kodok. saya tak tahu jenisnya kodok atau katak, dan saya tak paham ihwal halam atau haramnya, niat saya untuk pengobatan. kodok goreng. cukup nikmat tapi tak berefek.
– hati unta. saya tak suka memakannya. rasanya tak nikmat. hasilnya pun tak nampak.
– hati kalong. ini belum terealisasi, namun sudah direncanakan ibu saya.
– renang. harus saya akui, tiap kali saya merutinkan olahraga ini, paru-paru saya terasa ringan. secara medis, olahraga renang menguatkan paru-paru dan bisa meminimalisir kambuhnya asma. ini yang terus saya ikhtiarkan.
– hindarkan alergen. alergen bisa menyebabkan asma kambuh. alergen saya adalah debu dan dingin. sebisa mungkin saya hindari keduanya.
– inhaler. inhaler adalah solusi represif yang praktis dan instan. belum sampai satu tahun saya menggunakannya. tiap kali gejala asma akan kambuh, langsung saya semprotkan inhalernya. alhamdulillah memuaskan.

saya pikir, asma tak ubahnya dengan maag. sulit disembuhkan. yang terpenting kita mampu mencegahnya agar tak kambuh lagi. preventif. sekian.

Leave a Reply

