thanksConte

di awal musim 2011/2012, antonio conte ditunjuk untuk menjadi allenatore juve. kenyataan yg membuat saya mengernyitkan dahi. saya tak yakin dengan kualitasnya. hanya satu alasan yang terus menggoda saya untuk meyakinkan diri terhadap conte, ia adalah seorang juventino. paling tidak, ia telah memiliki ikatan emosional terhadap klub ini. sesuatu yang bisa melampaui ikatan profesionalisme kerja.

karena saya tak yakin dengan kualitas conte, maka saya pun tak yakin juve dapat meraih scudetto pada musim itu. dugaan saya, 2-3 musim berikutnya juve baru dapat berbicara scudetto. itu keyakinan saya, itu dugaan saya.

namun fakta berbicara lain. conte mencibir saya. ia justru mempersembahkan scudetto di musim perdananya. tak tanggung-tanggung, 3 scudetto secara beruntun pun ia hadiahkan untuk juventino, ditambah lagi dengan 2 trofi super italia. walaupun belum mampu berbicara banyak di level internasional tapi ini awal yang luar biasa.

mengamati sepak terjangnya, conte adalah tipikal pelatih yang memiliki konsep taktik yang kuat. saya suka. konon ia pemuja skema 4-3-3. ia paham betul dengan komposisi skuad juve dan tak memaksakan kehendaknya. ia gunakan skema fleksibel 3-5-2. saat bertahan, skema itu bertransformasi menjadi 5-3-2 dan saat menyerang bertransformasi menjadi 3-3-4. brilian.

satu hal lagi yang membuat saya menyukainya adalah kemampuan komunikasinya di pinggir lapangan. ia jarang duduk di bench. ia lebih setia untuk berdiri sembari berteriak lantang ‘memarahi’ anak asuhnya. ia terlihat seperti seorang yang temperamental. sangat ekspresif. ini baik bagi tim.

itulah narasi singkat tiga musim terakhir. musim depan, narasi itu sudah tamat dan berganti dengan narasi lain. conte telah resmi mengundurkan diri dari kursi pelatih juve. keputusan yang mengejutkan. saya kecewa tapi tetap menghargai keputusannya. mungkin, inilah langkah terbaik baginya. sebenarnya akan lebih baik jika ia menganulirkan keputusannya dan tetap menukangi juve😀

saya percaya, bila ia masih menukangi juve, ia telah menyiapkan narasi besar kejayaan juve. ia mempunyai konsep yang jelas. saya percaya itu. namun kepercayaan saya tak akan berarti banyak dalam proses pengambilan kebijakan oleh conte dan manajemen klub. semoga kebijakan yang bijak yang diambil oleh agnelli dkk. sebagai juventino, saya hanya dipaksa legowo atas keputusan conte. sebagai juventino pun, saya dipaksa nerimo kenyataan ihwal pelatih juve selanjutnya.

thanksConte. terima kasih conte atas tiga musim yang indah. 3 scudetto beruntun, rekor 102 poin dan 2 trofi super italia. sukses untuk karir anda selanjutnya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s