‘a suarez’

saat menyaksikan laga uruguay vs italia, kita semua mencoba mengerucutkan hipotesa : apakah suarez berasal dari klan cullen? apakah ia memiliki pertalian darah dengan edward cullen? mengapa ia tak tampil di serial twilight?

– – –

nampaknya suarez frustrasi di pertandingan itu karena permainannya tak berkembang. trio defender italia membuatnya berada dalam jeruji besi. ia tak dapat menyajikan sihir-sihir yang berujung gol. ia tak dapat bersirkus ria melewati hadangan gladiator italia. secara teknis, ia gagal. namun pikiran liarnya menuntunnya untuk berbuat secara nonteknis.

hattrick! akhirnya suarez melakukan ‘a suarez’ untuk yang ketiga kalinya. korban ketiganya adalah chiellini. secara tim, efek ‘a suarez’ meningkatkan tensi di lapangan. secara individu, chiellini sebagai korban beruntung karena efek ‘a suarez’ tak menghantarkannya ke ruang operasi. tapi saya berkeyakinan, chiellini telah meminta vaksin kepada dokter sebagai langkah preventif terhadap efek mematikan dari ‘a suarez’.

fifa telah merilis surat sakti yang berisikan hukuman untuk suarez. sangat mencengangkan dan berlebihan. oleh fifa, suarez dibuat ‘jera’ dengan cara pelarangan aktif dalam aktivitas sepakbola selama 4 bulan dan 9 pertandingan internasional. konon suarez diberikan hak banding.

saya tak paham secara mendalam ihwal sanksi dari fifa. batin saya berkata ini lebay. imho, okelah tindakan suarez tidak dapat dibenarkan secara hukum namun karena kasus ini berada di level internasional maka cukup hadiahi suarez dengan skorsing di partai internasional (negara antar negara). misal, selama gelaran piala dunia 2014 ini (mulai babak 16 besar), ia dilarang memperkuat negaranya. bisa juga dengan larangan sekian kali bermain saat negaranya melakoni babak kualifikasi turnamen regional maupun internasional. begitu.

mungkin ketika dalam kandungan ibunya, suarez telah memohon kepada tuhan agar ia ditakdirkan sebagai badboy dalam persebakbolaan. badboy yang berkualitas. dan sepertinya tuhan mengabulkan permintaanya. secara objektif harus diakui, tindakan bengalnya tak menurunkan kualitasnya. di liga inggris musim kemarin, ia adalah topskor dan pemain terbaik (versi pfa). padahal, di awal musim ia melewatkan beberapa partai akibat skorsing (‘a suarez’ terhadap branislav ivanovic). di partai perdana piala dunia 2014, ia absen. di partai kedua, ia menggila dengan mencetak dua gol kemenangan uruguay atas inggris. keren, bukan?

luis suarez. ia laiknya sebuah saga klise superhero, yang ‘mengalah’ di awal dan menang di akhir. aksi-aksinya di lapangan hijau telah mengalirkan antusiasme penikmat sepakbola seantero bumi. ia pun harus sadar, banyak penggemarnya yang cukup kecewa dengan tindakan ‘a suarez’. ia harus segera membasuh kaki ibunya dan menghadap tuhan untuk bertobat. terminologi dan tindakan ‘a suarez’ sudah sepatutnya ia tanggalkan di museum. ke depannya, saya dan jutaan pemujanya tak ingin hak mata kami untuk melihatnya berkreasi, dipasung oleh sanksi.

sekian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s