inggris-italia

1. inggris vs italia. duel yang sangat sangat sangat menarik. pirlo cs berhasil menjungkalkan gerrard cs. #forzaitalia

2. pirlo sangat nyaman bermain sebagai jenderal lapangan tengah italia. ini tak lepas dari keputusan brilian prandelli yang memosisikan pirlo lebih ke depan dari biasanya. ia tak bermain persis di depan bek laiknya di juve. perannya itu diserahkan pada dua jangkar, de rossi dan veratti. de rossi dan veratti yang bertugas untuk melindungi empat bek dan melindungi pirlo. pirlo sendiri diberi kebebasan dalam merancang serangan. pirlo nampak elegan dalam memainkan tempo dan passing-nya ajaib. dummy assist-nya untuk marchisio sangat menakjubkan.

2. peran baru candreva dan marchisio juga layak diacungi jempol. mereka berdua menopang penyerang tunggal dan dapat bertransformasi memperkuat lini tengah dalam bertahan. marchisio menyumbang satu gol. candreva mengontribusikan satu assist.

3. prandelli. prandelli menerapkan taktik yang sangat jitu. penguasaan bola italia sangat taktis karena ada tiga pemain yang memiliki kemampuan menahan bola, pirlo-de rossi-veratti. lini tengah jadi kunci kemenangan italia.

3. darmian adalah kabar baik dari starting line-up italia. penampilannya sebagai fullback kiri sangat memukau. overlapping-nya mengingatkan kita pada fullback legendaris italia seperti grosso dan zambrotta. namun ia masih harus mengasah kemampuan bertahannya.

4. flank italia lemah. darmian di flank kanan secara ofensif bermain apik tapi tidak secara defensif. chiellini tak optimal di flank kiri. prandelli harus memikirkan kelemahan ini. inggris saja sangat leluasa mengeksploitasi sisi ini. idealnya, darmian di flank kiri dan de sciglio di flank kanan. namun sayangnya de sciglio cedera.

5. paletta jadi titik lemah di posisi bek sentral. nampaknya ia masih grogi dan minim jam terbang di level internasional. ada baiknya prandelli menduetkan barzagli dengan chiellini atau bonucci.

6. balloteli menyumbang satu gol namun performanya secara keseluruhan belum memuaskan. terkadang ia turun terlalu jauh sehingga lini tengah italia kesulitan dalam mengalirkan bola ke depan.

7. penampil terbaik : andrea pirlo.
penampil terburuk : paletta.

sekian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s