cara mengatasi “no sim card installed” pada iphone

beberapa waktu yang lalu, di iphone saya muncul alert : “no sim card installed”. ada 2 cara yang saya coba lakukan untuk mengatasi problem itu :
1. mengaktifkan “airplane mode”. cara ini gagal.
2. membersihkan sim card. cara ini berhasil.

menurut saya, problem ini serupa dengan yang pernah saya alami pada blackberry (bb) saya. penyebabnya pun saya kira juga serupa, yaitu sim card yang sudah (mendekati) ajalnya.

bila ke depannya problem ini masih terjadi dan dua solusi di atas tak mampu lagi mengatasinya, maka ada dua solusi pamungkas :
1. service center provider kartu gsm (grapari telkomsel/galeri indosat/dll). disini, minta penggantian chip sim card ke layanan konsumennya. biasanya gratis.
2. service center iphone. jika sudah sampai ke service center iphone, artinya ada perangkat keras yang mengalami kerusakan. siapkan uang untuk biaya servis, kecuali iphone-nya masih garansi.

sekian, semoga bermanfaat🙂

Leave a Reply

