tidak hanya liga inggris

inilah kehebatan inggris –mungkin juga peran medianya–. melalui kompetisi sepakbolanya, liga inggris/epl, mereka mampu mendominasi perbincangan dan pemberitaan. epl menjadi magnet yang sangat kuat bagi penikmat sepakbola seantero bumi.

tapi tidak dengan saya. saya akui, saya pendukung liverpool. namun saya tak menjerumuskan diri ke dalam fanatisme liga inggris. tak.

ini selera subjektif. imho, liga inggris hanya menarik secara kemasan persaingan antarklub yang kompetitif. lainnya? tidak. lihat saja prestasi timnasnya. bukankah hakikat sebuah kompetisi yang baik adalah timnas yang baik pula?

atau tengok perkembangan pemain muda di sana. mourinho sampai berujar sulit menemukan pemain muda berkualitas asal inggris. wajar bila kemudian ia mengimpor pemain muda yahud seperti hazard, oscar dan willian.

sekarang kita perhatikan pula prestasi klub-klubnya di ajang eropa (liga champions). hanya liverpool yang mampu unjuk gigi dengan torehan 5 gelar. kalah dibandingkan real madrid (9 gelar) dan ac milan (7 gelar). bagaimana dengan mu? klub yang ‘lebay’ dalam pemberitaan dan dukungan ini hanya mengoleksi 3 gelar. distribusi gelar berdasarkan negara pun menempatkan liga inggris di peringkat ketiga, di bawah spanyol dan italia. kalah lagi.

kompetisi sepakbola di planet bumi ini tidak hanya liga inggris. masih ada liga italia, liga spanyol, liga jerman, liga belanda, liga prancis dan liga-liga lainnya yang patut untuk dinikmati. liga spanyol dan liga italia contohnya, mampu menghasilkan timnas berlabel juara dunia. hebat, bukan? pemain terbaik dunia dalam 5 tahun terakhir berasal dari liga spanyol. hebat, bukan?

saya mulai jenuh dengan pemberitaan liga inggris. ‘lebay’ dan dibombastiskan. saya tak dapat meminta pemberitaan yang relatif adil secara kuantitas karena itulah selera mayoritas para penikmat sepakbola dan redaktur pemberitaan. ya selera.

maaf ya selera, saya tak bermaksud mengambinghitamkan dirimu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s