imajinasi liar tentang nkri

‘bubarkan nkri!’

itulah imajinasi liar yang sering menghampiri pikiran saya tatkala melihat disparitas pembangunan di negeri ini yang timpang. jawa-sentris. pembangunan pesat dan modern mayoritas tersentral di pulau jawa.

pernahkan orang-orang pulau jawa merasakan kehidupan perih di pulau-pulau nonjawa? okelah di pulau jawa banyak pula keperihan hidup tapi apa lantas membutakan keperihan hidup di pulau-pulau nonjawa?

saya yang menetap di sebuah desa terpencil di selatan sumatera, sangat jelas merasakan ‘kecemburuan’. listrik sering padam, fasilitas pendidikan yang kurang memadai, infrastruktur publik yang tak teurus, dan masih banyak lagi.

padahal, sentralisasi pembangunan di pulau jawa banyak mengambil sumber daya dari sumatera, kalimantan, sulawesi, papua dan pulau-pulau lain di luar pulau jawa. tapi apa yang didapatkan atas kebaikan pulau-pulau itu? ah, tak usah beretorika. faktanya, kemanisan di pulau-pulau itu diperas untuk menghidupi pulau jawa. tak ada balasan indah.

ide ekstrem saya, bentuk saja negara sumatera, negara kalimantan, negara sulawesi dan negara papua! kita hidup masing-masing berdasarkan batas wilayah geografis pulau kita. sumber daya yang dihadirkan tuhan di pulau itu, dapat dioptimalkan untuk kesejahteraan pulau itu.

saya coba tawarkan ide bodoh lainnya. begini, kita tetap nkri namun seluruh sarjana, master, doktor, profesor yang selama ini ikut menikmati sumber daya yang diambil dari pulau-pulau nonjawa, agar memberikan kontribusinya di pulau-pulau nonjawa. pergilah ke seluruh penjuru ke negeri ini. bangunlah pelosok itu. anggap saja ucapan terima kasih. berani?

mengharapkan pemerintah untuk berlaku adil itu jauh panggang dari api. mereka itu pemerintah, tukang perintah. bukan pengurus, yang mengurus rakyatnya dengan peluh. mereka itu badut pesolek, rupawan di luar, mengerikan di dalam.

kita semua harus melihat seutuhnya, bahwa indonesia tak hanya pulau jawa. bagi anda-anda yang bertanahlahir di pulau jawa, silakan ucapkan terima kasih yang sebesar-sebesarnya kepada saudara-saudara anda di luar pulau jawa. merekalah yang elok hatinya. rutinkanlah untuk memberikan sumbangsih nyata kepada mereka. sudah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s