2 hal penting dalam sholat jumat

assalamualaykum wr wb

ada 2 hal penting dalam sholat jumat yang akhir-akhir ini membuat saya prihatin ala pakbeye.

  1. lewat di depan orang sholat | ini terjadi tatkala ada jamaah yang sedang melaksanakan sholat sunnah ba’diyah jumat. jamaah lain yang hendak keluar masjid dengan memasang wajah tanpa dosa lewat di depan jamaah yang sedang sholat tersebut. oke mari kita simak hadits rosulullah saw berikut ini :

    “Seandainya orang yang lewat di depan orang shalat mengetahui tentang dosanya, maka pastilah menunggu selama 40 lebih baginya dari pada lewat di depannya”.
    (HR Bukhari dan Muslim).*Salah seorang perawi hadits, Abu An-Nadhr, berkata, “Aku tidak tahu apakah maksudnya 40 hari, 40 bulan atau 40 tahun”.

  2. bau mulut | pada saat imam selesai membaca surah al-fatihah, ma’mum secara serentak melafalkan kata “aamiin”, di sinilah saya sering merasa ingin pingsan karena mencium bau yang tak sedap laiknya gas beracun. bau tak sedap ini sangat kental bercampur dengan unsur rokok. kita mesti sadar diri, ¬†menghadap Allah di rumah Allah hendaknya dalam keadaan bersih dan menyegarkan. itu hablum minallah. jangan abaikan pula hablum minannas dengan jamaah di samping kanan dan kiri kita. bisa-bisa jamaah di sekitar kita tak khusuk dalam menjalankan ibadah sholat jumat. kalaupun tak sempat menggosok gigi, makan permen penyegar mulut lah minimal. usaha masbro, usaha.

bagi siapapun para jamaah sholat jumat yang membaca tulisan ini, pernah atau tidak pernah melakukan 2 hal di atas, hendaknya menghindari sebisa mungkin. mari kita jaga ibadah sholat jumat kita agar diridhoi-Nya dan berkah. aamiin.

wassalamualaykum wr wb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s