tak perlu membandingkan

assalamualaykum wr wb

siapa pecinta sepakbola yang tak terkesima dengan performa indonesia u19? Semua larut dalam euforia kebahagiaan dan optimisme laiknya suka cita meraih gelar piala dunia.

Tapi di balik itu, saya masih terusik dengan suara-suara minor yang membandingkan indonesia u19 dengan u23 dan senior. sangat tidak bijak membandingkannya.

Mereka semua saudara, satu bangsa dan sama-sama mengenakan atribut merah putih dalam perjuangannya. Tetesan keringat, luapan emosi dan curahan energi telah mereka persembahkan untuk negeri ini. Dan memang itulah kewajiban mereka, berjuang. Terkait hasil perjuangan, itu domain tuhan.

Bak saudara kandung dalam sebuah keluarga yang memiliki kekhasan karakter. Tak dapat disamakan. Satu anak berkarakter baik, satunya lagi berkarakter nyeleneh. Itu perkara lumrah. Tinggal bagaimana memaksimalkan kedua karakter tersebut agar berujung pada sebuah kebanggaan.

dan sadarkah kita bila kita larut dalam upaya membandingkan, maka pada saat itu juga kita telah membuat diferensiasi opini publik yang pada akhirnya akan memecah-belah suara dukungan terhadap tim indonesia. tak baik bukan? akan ada pihak-pihak yang merasa diselingkuhi!

berapapun usianya, bagaimanapun permainan dan prestasinya, kewajiban kita sebagai SUPPORTER ya tetap MENDUKUNG. Bisa melalui doa, kehadiran di stadion, menyanyikan chant, berkreasi dengan koreografi, membeli tiket resmi, membeli jersey resmi dan banyak cara lainnya.

sebagai pendukung, saya punya prinsip : mendukung tanpa syarat. tak perlu indonesia memiliki syarat bermain indah dan sejenisnya, selagi itu indonesia maka wajib hukumnya saya dukung.

wassalamualaykum wr wb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s