joy of the people

assalamualaykum wr wb

dulu dunia mengenal garrincha, salah dua legenda besar sepakbola brazil, sebagai joy of the people. garrincha dikenal sebagai raja dribbling dan inisiator teknik tendangan pisang. ia bermain sepakbola laiknya seorang pemain sirkus, penuh intrik yang sangat menghibur. media swedia pada masa itu bahkan pernah membuat headline,”dari planet mana garrincha berasal?”. dunia pun melabelinya sebagai alegria do povo. joy of the people!

oke itu dulu. sekarang siapa yang laik menyandang predikat joy of the people? jika itu ditanyakan pada penikmat bola saat ini, mayoritas mereka pasti akan menjawab lionel messi dan cristiano ronaldo. dua ikon sepakbola era moderen yang sarat skill aduhai.

tapi jika pertanyaan itu dilayangkan kepada saya, tanpa rasa inferior saya akan menjawab : Ronaldo Assis de Moreira. dunia mengenalnya dengan nama Ronaldinho. ya bagi saya “kenikmatan” sepakbola itu ada pada sosok ronaldinho. saya fanatik terhadap dia. tanpa mengesampingkan skill dan prestasi messi dan cristiano, imho, kelas ronaldinho tetap di atas keduanya.

saat ia beraksi di atas lapangan, secara simultan ia juga mengirimkan energi positif bagi penonton untuk tersenyum dan bahagia. serupa dengan apa yang dilakukan garrincha di masanya. masih ingat tarian samba yang dilakukan ronaldinho di hadapan ricardo carvalho, bek chelsea, sebelum ia melepaskan tendangan yang berujung gol ke gawang peter cech? jika anda masih ingat, selamat! anda dan saya telah menyaksikan salah satu maha karyanya.

anda tau siapa saja pemain yang pernah mendapatkan kehormatan standing ovation dari publik stadion bernabeu madrid? tak banyak, setau saya, maradona, delpiero dan tentunya ronaldinho. pada saat itu, 19 november 2005, ronaldinho berkostum barca dalam el classico. dan publik bernabeu tanpa rasa gengsi memberikan standing ovation untuk pemain dari klub musuh bebuyutan!

saya percaya, segala sesuatu memiliki masa. entah itu masa yang singkat ataupun panjang. pun demikian dengan ronaldinho, masanya tak sepanjang masa messi dan cristiano. tapi di masanya yang singkat, ia mampu memberikan efek candu-nikmat dan bahagia yang amat panjang.

satu waktu, messi pernah berujar, “Ronaldinho adalah panutan saya ketika itu. Dia membuat segalanya lebih mudah. Saya beruntung bisa berada didekatnya dan mendapat banyak ilmu darinya. Apa yang diajarkannya kepada saya? Ronaldinho mengajarkan bagaimana cara membuat fans bahagia, membuat gol indah hingga meraih kemenangan fantastis. Saya bisa katakan kalau Ronaldinho merupakan pemain besar. Dia merupakan bagian terpenting dalam karirku. Saya mengucapkan terima kasih kepadanya atas semua ilmu yang diberikan”

satu waktu pun saya akan berujar kepada anak saya kelak, “nak, ayahmu pernah berada di satu masa dimana ada seorang legenda sepakbola yang tidak hanya membawa skill dan prestasi tapi juga kenikmatan dan kebahagiaan. dia adalah ronaldo assis de moreira. dunia mengenalnya dengan nama ronaldinho. joy of the people”.

wassalamualaykum wr wb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s