Dua dari Tiga Hakim Masuk Neraka

Catatanku

Hari Jumat yang lalu ada kejadian yang menghebohkan dunia hukum di negeri ini. Seorang hakim yang menjabat Wakil Kepala Pengadilan Negeri Bandung ditangkap oleh KPK di kantornya karena telah menerima uang suap sebesar 150 juta dari seseorang pengusaha (baca beritanya di sini).

Kasus hakim (termasuk juga jaksa) yang ditangkap karena menerima suap dari orang yang terlibat hukum sudah kesekian kali terjadi. Seakan tidak kapok-kapok saja dengan kasus yang serupa, hakim yang culas menjual integritasnya demi seonggok uang. Hakim yang bermental buruk seperti ini berkongkalingkong dengan orang yang terlibat perkara. Hukuman seseorang bisa diatur menjadi ringan atau bebas, tentu saja dengan imbalan berupa uang atau materi.

Di negeri ini apa saja bisa dibeli, termasuk hukum pun bisa dibeli. Kasus-kasus penegak hukum (polisi, jaksa, hakim, panitera) ditangkap karena terlibat korupsi membuat kepercayaan masyarakat kita kepada penegak hukum sudah mencapai titik nadir. Kalau penegak hukum saja sudah mempermainkan hukum, kepada siapa lagiā€¦

View original post 306 more words

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s