~ sepakbola adalah kebahagiaan

Dibawah ini adalah wawancara saya dengan Wesley Hutagalung dari tabloid BOLA. Wawancara ini juga dimuat dalam tabloit BOLA edisi cetak nomer 2.476. Hari Kamis-Jumat, 7-8 Maret 2013.

1. Apa arti sepak bola saat ini bagi Anda?

# sepakbola adalah kebahagiaan. saya dapat menemukan kebahagiaan melalui sepakbola. artinya hati saya yang berbuat ketika saya bermain sepakbola.

2. Bagaimana menjaga kondisi dan kebugaran tubuh tanpa terlibat dalam kompetisi saat ini?

# saya masih rutin jogging dan sesekali menyempatkan diri untuk bermain futsal dan sepakbola bersama teman-teman.

3. Apa rencana Anda tahun ini terkait profesi sebagai pemain sepak bola?

# yang jelas saya akan tetap bermain selagi hati saya masih tertambat untuk sepakbola. kemungkinan untuk bermain kembali di level terbaik tetap ada, mungkin di putaran kedua nanti.

4. Bila saatnya tiba: Apakah Anda memilih pensiun ketika masih berada di atas atau ketika penampilan dan popularitas sudah menurun?

# hanya fisik yang akan memensiunkan saya.

5. Apa kenangan paling berkesan selama menjadi pemain sepak bola?

# menjadi bagian dari emosional dan perjuangan timnas Indonesia di Piala Asia 2007.

6. Bagaimana dengan kenangan paling menyedihkan dari panggung sepak bola?

# ketika sepakbola ditunggangi kepentingan politik yang menggadaikan prestasi dan kala darah harus tertumpah hanya demi fanatisme.

7. Sebutkan tiga pemain sepak bola Indonesia yang Anda hormati.

# Bambang Pamungkas, Boaz Salossa dan Hendro Kartiko.

8. Siapa pemain muda Indonesia yang membuat Anda kagum saat ini?

# Syamsir Alam. saya berharap kiprahnya di luar negeri juga berefek baik bagi prestasi sepakbola Indonesia.

9. Siapa kiper di panggung sepak bola Indonesia yang paling menyusahkan pekerjaan Anda?

# Hendro Kartiko. tak ada yang perlu diragukan lagi dari kemampuannya menajaga gawang. sangat sulit ditembus. salah satu penjaga gawang terbaik di asia.

10. Siapa tokoh paling berpengaruh bagi Anda dalam meniti karier profesional sepak bola?

# orangtua, ridho mereka adalah ridho Allah. itulah trigger utama saya. selanjutnya ialah istri dan anak, mereka motivator utama diluar dan didalam lapangan.

11. Apa sesungguhnya kekuatan utama Anda sebagai pemain sepak bola?

# ketenangan. bagi saya ketenangan adalah instrumen elementer yang akan menentukan fokus, optimisme, skill dan kesuksesan sebagai pemain sepakbola.

12. Apa yang Anda persiapkan ketika nanti pensiun sebagai pemain sepak bola?

# pelatih. saya akan mengikuti lisensi kepelatihan.

13. Siapa yang lebih hebat: Bambang Pamungkas atau Ariscatur Pratomo?  Apa alasannya?

# saya dan bepe punya karakter dan skill yang khas. sulit untuk membandingkannya. saya percaya bahwa kami hebat dengan cara kami masing-masing.

14. Anda lebih suka melihat permainan siapa: Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo?  Apa alasannya?

# keduanya bagi saya adalah joy of football. mereka telah ‘merevolusi’ permainan sepakbola. mereka mendobrak hegemoni striker dalam urusan mencetak gol. saya suka keduanya.

15. Siapa yang Anda lihat akan meneruskan peran Ariscatur Pratomo di tim nasional?

# Syamsir Alam. saya percaya ia memiliki potensi dan prospek yang melebihi saya.

16. Siapa pelatih yang paling berkesan selama Anda di timnas?

# Ivan Kolev. perjuangan bersamanya di Piala Asia 2007 memberikan kesan yang sangat mendalam. emosi, semangat dan haru menjadi satu.

17. Sikap dan pendapat Anda soal pemain naturalisasi.

# bagi saya sah-sah saja, selama mereka memiliki skill dan keteladanan. toh mereka juga bisa menjadi trigger bagi pemain lokal untuk meningkatkan level permainan.

18. Seperti apa Anda melihat masa depan sepak bola Indonesia?

saya percaya masa depan sepakbola akan cerah. dengan catatan, semua elemen berkomitmen secara profesional untuk mempersembahkan prestasi. ego pribadi dan kelompok tertentu harus dipisahkan dari sepakbola indonesia.

19. Pelajaran apa yang Anda dapatkan dengan situasi persepakboaan di Tanah Air saat ini?

# pemain harus berani bersikap. pemain harus mampu menjadi presseur-group dalam kondisi-kondisi yang merugikan persepakbolaan indonesia.

20. Bila diberi kesempatan, siapa tokoh di dunia ini yang ingin Anda temui?

# Soekarno.

Alasannya?

# Beliau jenius di eranya. keberaniannya sangat membanggakan bangsa ini.

21. Bagaimana awalnya Anda mulai menjadi penggemar Juventus?

# Delpiero. awalnya saya sangat menikmati permainan delpiero. lambat laun saya pun jatuh cinta kepada klub yang dibelanya, Juventus.

Favorit:

1.  Musik: Pop.

2.  Penyanyi/Band: Sheila on 7.

3.  Warna: Biru.

4.  Makanan: Pempek – Sayur Asem – Ayam Goreng.

5.  Film: 3 idiot – IP Man.

6.  Buku: Psikologi Kemation ~ Komaruddin Hidayat.

7.  Parfum: ~.

8.  Sepatu: Nike.

9.  Tempat berlibur: Bandung.

Selesai..

disclaimer : tulisan di atas hanyalah parodi yang pertanyaan-pertanyaannya saya kutip langsung dari website pribadi bambang pamungkas. tak ada niatan apapun, hanya sekadar kepentingan pribadi untuk menghibur diri🙂

salam hormat untuk bambang pamungkas, salah satu legenda hidup sepakbola indonesia. terima kasih banyak atas dedikasimu untuk timnas indonesia🙂

Leave a Reply

