Tanda-tanda Tubuh Kurang Tidur

assalamualaikum wr wb

semenjak mengenyam pendidikan tinggi, pola tidur saya menjadi kurang teratur. mayoritas mahasiswa pasti sepakat dan pernah mengalaminya. memang demikian adanya. kultur belajar di pendidikan tinggi berbeda dengan pendidikan sekolah (dasar+menengah). selama 12 tahun mengenyam pendidikan sekolah, kita di set-up untuk masuk sekolah pukul 07.00 pagi dan pulang pukul 13.00. tapi tidak demikian dengan pendidikan tinggi, terkadang masuk pagi, siang, sore, bahkan malam. ditambah lagi porsi tugas yang relatif lebih banyak dan lebih berat. implikasinya pola tidur menjadi tidak teratur. kadang begadang, kadang tidur terlalu cepat. pola tidur yang tidak teratur ini bisa berakibat pada kondisi tubuh kita yang kurang tidur (istirahat) dan bisa membawa efek negatif bagi tubuh kita. taukah kita tanda-tanda tubuh kurang tidur?  mari kita bahas satu per satu🙂

1. Terus merasa lapar atau tidak lapar sama sekali

Kurang tidur bisa membuat orang ingin makan terus dengan porsi yang lebih banyak atau bahkan sama sekali tidak merasa lapar. Ini disebabkan oleh jam internal tubuh yang tidak normal, sehingga banyak orang yang kurang tidur mengalami kenaikan atau penurunan berat badan secara tiba-tiba.

2. Kehilangan fokus

Orang yang kurang tidur bisa mengalami Attention Deficit Disorder, yaitu gangguan perhatian yang menyebabkan respon motorik menjadi lebih lambat dan tidak akurat, refleks berkurang dan tidak bisa fokus pada satu aktivitas.

3. Kehilangan memori jangka pendek

“Otak perlu tidur untuk menyegarkan dan beregenerasi. Tanpa itu, memori jangka pendek mungkin terganggu,” jelas Dr Neil Kline dari American Sleep Association.

4. Mengantuk sepanjang hari

Minuman berkafein, musik yang keras atau apapun usaha untuk membuat orang tetap terjaga hanyalah bersifat sementara dan tidak akan membuat kewaspadaan jangka panjang. Kurang tidur bisa membuat orang merasa letih dan mengantuk sepanjang hari.

5. Mudah sakit

Perbaikan sistem kekebalan tubuh dapat diperkuat saat orang tidur. Kurang istirahat dapat membuat daya tahan tubuh melemah, sehingga mudah terinfeksi virus maupun bakteri. Biasanya penyakit yang paling mudah menyerang orang yang kurang tidur adalah influenza.

sumber

wassalamualaikum wr wb

2 thoughts on “Tanda-tanda Tubuh Kurang Tidur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s