Sedikit Catatan Tentang Unjuk Rasa Be-Be-Em

assalamualaikum wr wb

bagaimana tanggapan saya terkait unjuk rasa penolakan kenaikan harga bbm yang berlangsung rusuh…?

salah satu elemen masyarakat yang melaksanakan unjuk rasa adalah mahasiswa. mahasiswa mengemban predikat kaum inteletual. namun, terkait unjuk rasa yang rusuh yang dilaksanakan oleh mahasiswa, unjuk rasa tersebut sangatlah kontraproduktif! rasanya sangat pantas jika ada yang melabeli mahasiswa sebagai intelektual dungu. semakin rusuh, semakin membuktikan kedunguannya.

pada dasarnya, tujuan unjuk rasa sangatlah baik yaitu menyuarakan aspirasi, ‘mencerdaskan’ masyarakat terkait isu-isu faktual yang perlu menjadi perhatian dan mengingatkan pihak-pihak terkait bahwa ada permasalahan yang harus diselesaikan. unjuk rasa juga dilindungi oleh konstitusi di negara kita sebagai bagian dari kebebasan berpendapat. namun, jika memiliki tujuan baik tetapi tidak disertai dengan cara baik, maka tak ada bedanya dengan mencuci baju kotor dengan air kencing. ingat, yang hak dan yang bathil tidak akan pernah menyatu!

sudah sepatutnya bila unjuk rasa dilaksanakan dengan tertib dan damai. tidak perlu melakukan tindakan kekerasan (bahkan kriminal) dan tindakan-tindakan yang mengganggu fasilitas publik. jangan gadaikan intelektualitas hanya demi uang atau nasi bungkus atau air mineral. buktikan bahwa intelektualitas mahasiswa benar-benar merepresentasikan aspirasi rakyat kecil. untuk kawan-kawan mahasiswa yang berunjuk rasa dengan tertib dan damai, salam hormat saya untuk anda. semoga perjuangan kalian diberkahi Allah swt.

* sebagai catatan, yang perlu digarisbawahi pula dari unjuk rasa yang rusuh ini ialah kita tidak perlu men-generalisir bahwa unjuk rasa adalah sesuatu yang buruk. tidak semua unjuk rasa berlangsung rusuh! ada unjuk rasa yang berlangsung tertib dan damai. jangan berikan stigma negatif terhadap unjuk rasa🙂

* * *

ibadah itu proses kawanku, memberikan hidayah adalah hak absolut Allah. kewajiban kita hanya berjuang dalam proses dalam koridor niat, cara, & tujuan yang baik dan benar🙂

wassalamualaikum wr wb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s