Standup Comedy ; Cerdas atau Tidak..?

assalamualaikum wr wb

di indonesia, kurang lebih dalam satu tahun terakhir sedang mewabah demam standup comedy. di youtube dan di media tv nasional, standup comedy sudah mulai ditayangkan secara berkala. di beberapa kota sudah mulai tumbuh komunitas standup comedy. ini tidak terlepas dari peran pandji, raditya dika, soleh solihun, dkk yg secara masif ‘membanjiri’ youtube dengan video standup comedy. mereka memberikan tagline ‘komedi cerdas’ pada standup comedy. bahkan terkesan ‘mengeksklusifkan’ diri hanya bagi orang-orang cerdas. benarkah demikian?

secara konseptual, mungkin (karena saya tidak begitu paham) standup comedy memang dimaknai sebagai komedi cerdas. namun pada faktanya saya rasa sudah mulai terjadi pergeseran makna yang dilakukan oleh ‘oknum’ komik (sebutan untuk standup comedian). pada awal saya ‘tergila-gila’ pada standup comedy dan menontonnya di youtube dan di kompas tv, saya sepakat bahwa ini merupakan komedi cerdas karena mengeksplorasi sisi humor dari berbagai aspek kehidupan (sosial, politik, dsb) dan membingkainya dalam transformasi pengetahuan yang kritis dan edukatif. tapi apa yang terjadi saat ini..? mengecewakan karena beberapa komik (oknum tepatnya) nampaknya mulai ‘lost control’ dalam menyajikan standup comedy. di salah satu video di youtube, ada materi yang disampaikan komik justru sarkasme. menyinggung orang lain secara fisik contohnya. apakah itu yang dinamakan cerdas? intelektual? apakah hal itu mengedukasi masyarakat yang menonton?

jika hal itu terus terjadi, saya rasa tak ada bedanya standup comedy dengan ‘spesies’ komedi lainnya, tidak ada gunanya mereka (para komik) ‘mengeksklusifkan’ diri. ‘spesies’ komedi lain juga mayoritas sarkasme (terutama fisik). masyarakat pun bisa menilai apakah laik standup comedy menyandang predikat komedi cerdas atau tidak.

sebaiknya para komik (oknum tepatnya) ‘taubat’ dan mulai mengembalikan jati diri standup comedy yang sebenarnya sebagai komedi cerdas. saya yakin akan kemampuan para komik yang mampu mengskplorasi materi komik yang benar-benar edukatif dan menghibur masyarakat. saya adalah penikmat standup comedy dan memiliki ekspektasi standup comedy harus mampu menjadi pelopor komedi yang bersih dari sarkasme dan sejenisnya. sehingga pada akhirnya, standup comedi benar-benar layak menyandang predikat komedi cerdas dan mendapatkan tempat yang lebih luas di hati masyarakat😀

wassalamualaikum wr wb

4 thoughts on “Standup Comedy ; Cerdas atau Tidak..?

  1. salfarisi44 says:

    haha.. ga setuju ah..
    justru dari standup dan cara penerimaan thd standup, bs dinilai, masyarakat sudah cukup cerdas apa belum..

    • ariscaturp says:

      hahaa..sepakat man, perspektif cerdas atau tidaknya perlu dinilai jg dr sisi msyrakat. masyarakat yg cerdas bs menilai apakah standup comedy benar2 cerdas atau tidak dari materi & cara penyampaiannya😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s