Organization Social Responsibility

assalamualaikum wr wb

dibalik berkembangnya pembangunan di daerah dayeuhkolot khususnya daerah sukapura, sukabirus, dan sekitarnya (lingkungan YPT), ada satu realita yang cukup menyayat hati, yaitu masih banyaknya masyarakat kecil yang semakin tertindas dalam menyambung hidup per harinya. apakah kita tega melihat kampus kita bergelimang fasilitas mewah sedangkan mereka merintih kesusahan? diamanakah hati nurani kita? dimanakah kepedulian kita? seharusnya, realita tersebut menjadi sebuah ladang investasi sosial yang sangat baik bagi mahasiswa. apalagi, salah satu amanat tridarma perguruan tinggi ialah pengabdian masyarakat.

namun, pengabdian masyarakat seakan menjadi ‘anak tiri’ dalam prioritas pelaksanaannya, terutama bagi organisasi mahasiswa (ormawa). harus diakui, kebanyakan ormawa hanya sibuk dengan rutinitas sendiri tanpa mau peduli dengan kondisi sosial lingkungan sekitar. hanya badan eksekutif mahasiswa (bem) yang lazimnya fokus dalam melaksanakan pengabdian masyarakat melalui kementerian atau departemen terkait. padahal, dalam satu perguruan tinggi, jumlah ormawa sangat banyak. apakah proporsional dan representatif jika hanya satu ormawa saja yang melaksanakannya? rasanya tidak! jika semua ormawa bahu-membahu dalam melaksanakan aktivitas pengabdian masyarakat, saya yakin akan banyak masyrakat yang merasa terbantu dan merasakan dampak positif kehadiran mahasiswa.

bagaimanakah menyiasati agar semua ormawa mau berkecimpung ke bidang pengabdian masyarakat? menurut saya, ada baiknya dengan membuat satu regulasi tersendiri. sebagai contoh, di negara kita, ada regulasi bagi korporasi-korporasi agar melaksanakan aktivitas corporate social responsibility (csr). kegiatan csr ini diatur oleh undang-undang. melalui csr ini, seluruh korporasi ‘dipaksa’ agar melaksanakan tanggung jawab sosial (pengabdian masyarakat). kita sering melihat korporasi besar yang melaksanakan aktivitas sosial seperti memberikan santunan dan lain sebagainya dan itu merupakan bagian dari csr.

csr ini merupakan satu konsepsi yang sangat baik untuk diadopsi oleh ormawa. melalui badan legislatif mahasiswa atau forum komunikasi tertinggi, hendaknya diterbitkan satu undang-undang yang mengikat seluruh ormawa agar melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat, bisa dikatakan sebagai undang-undang organization social responsibility (osr). melalui undang-undang osr ini, seluruh ormawa setidaknya wajib melaksanakan satu kali kegiatan pengabdian masyarakat dalam satu periodenya. akan jauh lebih baik jika seluruh ormawa memiliki program pengabdian masyarakat jangka panjang. osr akan menjadi manifestasi pengabdian masyarakat ormawa! undang-undang osr ini juga dapat dijadikan standardisasi legalitas atau grade ormawa. jadi, ketika akan dilakukan verifikasi legalitas atau grade ormawa pada periode tertentu, osr menjadi poin wajib untuk dilaksanakan. jika tidak dilaksanakan, implikasinya ormawa tersebut akan menerima sanksi sesuai dengan regulasi yang ada.

harus disadari, bahwa pengabdian masyarakat tidak hanya menjadi tanggungjawab institusi kampus dan bem semata, tapi merupakan tanggungjawab seluruh entitas kampus. jika selama ini ormawa hanya sibuk berkutat dengan organisasinya sendiri, sudah saatnya mereka membuka mata dan pikiran bahwa mereka memiliki tanggungjawab sosial. saya optimistis jika undang-undang osr ini diterapkan, masyarakat kecil sekitar kampus akan sangat tertolong, kesenjangan dan kecemberuan sosial dapat diminimalisir dan tentunya level kehidupan kita akan naik menjadi : bermanfaat! adakah manusia yang lebih baik dibandingkan manusia yang bermanfaat?

wassalamualaikum wr wb

2 thoughts on “Organization Social Responsibility

  1. mikeu says:

    dlu kta sempet mau ngadain sevel (sosial event politeknik telkom) –> tujuannya untuk seluruh masyarakat wilayah pendidikan telkom (dayeuh kolot dsbg), acara ini milik rema (dpm bem ukm lk hmp), tetapi karena waktu yg mepet dan bnyak nya kegiatan masing2 ormawa di akhir kepengurusan, maka di undur ka ke semester dpn. insyaallah akan terlaksana,.
    doain aja ka semoga rema bisa memberikan yg terbaik untuk masyarakat sekitar . . .

    • ariscaturp says:

      siip mikeu . . . sebaiknya memang dibuat undang-undangnya saja (entah itu melalui ad,art, rekomendasi, ataupun tap). kya konsep Corporate Social Responsibility (CSR) di negara kita, semua korporasi/perusahaan wajib melakukan aktivitas sosial😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s