lagi lagi El-Classico

ya…lagi dan lagi el-classico! barca dan madrid harus berhadapan 4 kali secara beruntun, 1 di la liga, 1 di final copa del rey, dan 2 di semifinal UCL. pertemuan di la liga berakhir dengan skor 1-1. seperti biasa barca memeragakan sepakbola menyerang, sementara madrid bermain bertahan dengan sesekali mengandalkan serangan balik, sesuai dengan patron khas pragmatis dari sang entrenador, mourinho. barca unggul terlebih dahulu melalui lionel messi melalui titik putih. gol ini pun memecahkan rekor messi yang sebelumnya tak pernah mampu membobol tim yang dilatih oleh mourinho. madrid berhasil menyamakan kedudukan melalui bintangnya, CR7 juga melalui titik putih. pertandingan pun diwarnai dengan keluarnya kartu merah untuk salah seorang punggawa madrid, arbeloa (kalo ga salah :D).

sedangkan di pertandingan final copa del rey dimenangi oleh madrid dengan skor 1-0 setelah melalui babak perpanjangan waktu. satu-satunya gol dipertandingan ini disumbangkan oleh CR7 setelah menerima umpan cantik dari angel di maria. morinho sepertinya sudah paham betul bagaimana mengatasi taktik sepakbola menyerang barca, terutama bagaimana menerapkan strategi bertahan untuk melumpuhkan pemain-pemain produktif barca seperti messi dan villa. terbukti saat duel el-classico sebelumnya, messi tak berkutik dan hanya bisa berkontribusi melalui penalti. pun begitu di pertandingan ini, mourinho berhasil mematikan messidona. keberhasilan ini tak lepas dari strateginya dengan menempatkan pepe sebagai destroyer di lini tengah. secara sederhana, pada saat bertahan taktik itu memiliki komposisi 5 pemain bertahan. saat melakukan serangan balik, madrid bertumpu pada kepiawaian CR7 dan angel di maria dalam mengobrak-abrik pertahanan barca. strategi ini pun berhasil, barca yang tampil tanpa sang jenderal lini belakang, puyol, selalu kelimpungan menghadapi serangan balik madrid. di menit-menit akhir, madrid harus kehilangan salah seorang pemainnya karena dikartu merah oleh wasit, yaitu angel di maria. alhasil, trofi copa del rey pun berhasil digondol. namun ada kejadian menarik dibalik kesuksesan madrid ini. pada saat selebrasi di kota madrid menggunakan bus, sergio ramos ‘menjatuhkan’ trofi tersebut! (ngakak gan). belum sampai 24 jam, trofinya sudah rusak akibat ‘ulah’ ramos.

yang terbaru adalah duel el-classico di semifinal UCL leg I, pertandingan penuh drama ini berakhir dengan kemenangan 2-0 untuk barca. semua gol di borong oleh the messiah, lionel messi. pada babak pertama, pertandingan berlangsung monoton, barca tetap gaya sepakbola menyerangnya dan madrid tetap dengan permainan ‘negatif’nya’. ball-possesion pun mutlak untuk keunggulan barca dengan 71% berbanding 29%. kedua tim sama-sama memiliki peluang tapi bola lebih banyak bergulir di lapangan tengah oleh penguasaan para pemain barca. messi, villa, dan pedro pun tidak bisa bnyak berkutik. CR7 pun demikian karena ‘pengawal’ setianya, carles puyol mampu menjaganya dengan baik. babak kedua madrid memasukkan adebayor dengan ekspektasi mampu menekan penguasaan bola barca. di awal babak kedua, sepertinya taktik itu akan berhasil, madrid mampu melakukan tekanan. namun petaka bagi madrid datang ketika pepe dihadiahi kartu merah karena pelanggaran kerasnya terhadap dani alves, tidak hanya itu mourinho pun diusir keluar dari bench. keseimbangan permainan madrid pun goyah, sang destroyer harus menepi dari lapangan. cibiran dan siulan sinis dilontarkan oleh madridista untuk dani alves. alhasil barca di atas angin. ibrahim affelay masuk dan beberapa menit kemudian berhasil memberikan assist kepada messi setelah berakselerasi melewati marcelo. umpan crossing-nya mampu dimanfaatkan dengan baik oleh messi. 1-0! barca semakin di atas angin, terbukti dengan lahirnya gol kedua oleh messi. kali ini messi mampu menunjukkan sihirnya dengan melewati total 5 pemain madrid untuk kemudian menceploskan bola ke gawang iker cassilas. suporter barca kembali bergemuruh. the messiah!  dua gol messi ini seakan mampu menghapus kutukannya yang hanya mampu membobol tim mourinho melalui penalti, dua gol yang sangat berkelas! ball-possesion secara keseluruhan adalah 72% : 28% untuk keunggulan barca. dengan kemenangan dan keunggulan 2 gol tandang ini, satu langkah kaki barca sudah diinjakkan di wembley. tinggal menyaksikan bagaimana akhir dari semifinal leg II yang dihelat di nou camp. untuk leg II ini, madrid akan tampil pincang, menurut informasi yang saya dapatkan, madrid akan minus mourinho, pepe, dan ramos!

overall, luar biasa dahsyat menyaksikan duel el-classico musim ini, selalu ada drama! total mereka harus bertemu 5 kali, 2 di la liga, 1 copa del rey, dan 2 di UCL. untuk sementara ini, barca berhasil unggul dengan 2 kemenangan, 1 seri, dan 1 kekalahan. dalam 3 pertemuan terakhir, selalu ada pemain madrid yang menerima hadiah kartu merah. masih ada satu el-classico lagi, dan saya berharap barca mampu memenangi pertandingan ini dan semakin menegaskan dominasinya musim ini atas madrid. kita tunggu saja🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s