Sidang Umum KBM Politel ; Sisi Lain

sidang umum kbm politeknik telkom 2011 mengagendakan pembahasan ad/art, gbho, puk, rekomendasi, serta pelantikan anggota dpm dan presma/wapresma terpilih. ada sisi lain sidang umum yang menarik untuk dicermati, memang bukanlah hal yang substantif tapi eksesnya bisa menurunkan wibawa sidang, ya wibawa sidang. berikut sisi lain sidang umum kbm politel 2011.

  • waktu ; mayoritas dari peserta sidang kurang menghargai keputusan bersama mengenai waktu mulai sidang. kesepakatan waktu mulai sidang justru di langgar oleh mereka-mereka yang bersuara lantang meneriakkan ”on time”, mereka justru mengaktualisasikan suara mereka dengan keterlambatan menghadiri sidang. mungkin bagi mayoritas mereka, kehadiran mereka di sidang hanya untuk TE-A-KA, bukan untuk berkontribusi dalam kebaikan konstitusi serta sistem republik mahasiswa ke depannya, atau mungkin sebagian lagi justru “meremehkan” sidang umum. yang jelas, keterlambatan menghadiri sidang belum dapat ditolerir, implikasinya jelas, wibawa sidang jatuh!
  • pakaian ; memang tidaklah substantif tapi pakaian yang dikenakan oleh peserta menunjukkan seberapa besar apresiasinya terhadap sidang umum. fakta justru berbicara bahwa mayoritas peserta mengenakan pakaian informal, bahkan ada yang memakai sandal dan juga “bertelanjang kaki”, padahal panitia telah menetapkan regulasi pakaian formal bagi peserta sidang. implikasinya? wibawa sidang jatuh!
  • presidium ; atas dasar apapun, presidium tidak memiliki wewenang untuk mengeluarkan pendapat subjektifnya untuk pembelaan atas kondisi dan dinamika yang terjadi dalam sidang (selama tidak terjadi tindak kekerasan fisik dalam sidang). presidium hanya berwenang memoderasi jalannya sidang agar sesuai dengan dengan agenda dan tata tertib sidang. lagipula, dinamika yang terjadi pada saat sidang umum kemarin sangatlah bisa ditolerir, yang ada hanyalah perang argumentasi, bukan perang fisik. implikasinya? justru presidium sendirilah yang menjatuhkan wibawa sidang!

itulah beberapa sisi lain sidang umum kbm politel 2011 yang menjadi catatan saya. wibawa sidang tidaklah substantif tapi lebih ke arah seberapa besar apresiasi dan rasa hormat kita terhadap sidang. semoga ada pembenahan ke depannya, demikian😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s