Garuda Diterkam Harimau

Garuda Indonesia diterkam Harimau Malaysia pada final piala AFF 2010 leg I dengan skor yang cukup telak, 3-0. bermain di di kandang Harimau, Stadion Bukit Jalil, tensi pertandingan cukup panas. pertandingan sempat dihentikan beberapa menit akibat ulah suporter Malaysia yang cukup “kampungan” dengan menggunakan  laser untuk mengganggu konsentrasi para pemain Indonesia. namun, diluar itu semua, Harimau Malaysia layak meraih kemenangan tersebut karena performa anak asuhan Rajagopal lebih menggigit.

menurut saya, ada beberapa poin yang menyebabkan kekalahan ini, diantaranya:

  • Faktor Non-Teknis ; diantaranya adalah ekspose media yang tidak proporsional terhadap timnas. hampir setiap hari selalu ada pemberitaan terkait timnas. memang itu merupakan aspek informatif yang harus disampaikan media kepada masyarakat luas namun alangkah bijaknya jika secara proporsional, tidak berlebihan. akibatnya, para pemain timnas dibuai bak artis yang sedang naik daun yang kehidupannya menjadi konsumsi khalayak. Alfred Riedl pun mengakui bahwa pemberitaan berlebih menjadi salah satu faktor yang menyebabkan Indonesia harus bertekuk lutut di stadion bukit jalil. STOP EKSPOSE BERLEBIH TERHADAP PEMAIN TIMNAS.
  • Fokus; mayoritas pemain Indonesia kehilangan fokus pada saat bermain, entah ini ada korelasinya atau tidak dengan cara “kampungan” dari suporter Malaysia dalam memberikan tekanan kepada para pemain kita. barisan belakang yang dikomandoi oleh Maman abdurrahman justru banyak melakukan kesalahan elementer dan blunder, akibatnya Markus Haris Maulana tiga kali memungut bola dari gawangnya. fokus terhadap pertandingan dan tidak terpengaruh dengan tindakan provokatif dari lawan harus dikedepankan oleh pemain timnas.
  • Mental; menurut pendapat saya, mental juara pemain Indonesia belum terbentuk. apakah terlalu sering makan tempe jadi mentalnya mental tempe? ataukah karena belum pernah merasakan manisnya juara piala AFF a.k.a terlalu sering kalah?? hahaa..ada baiknya Alfred Riedl memberikan wejangan khusus bagi pemain timnas agar memiliki mental juara layaknya Manchester United di liga Inggris, Juventus di liga Italia, dan AC Milan di liga Champions. membentuk mental juara bukanlah hal yang mudah tapi ini suatu kemutlakan jika Indonesia ingin menjadi raja Asean di akhir tahun 2010 ini.

asa juara tetap membumbung tinggi mengingat final masih menyisakan satu laga di kandang kita, Gelora Bung Karno. syaratnya pasukan Garuda harus melumat Harimau Malaysia dengan selisih 4 gol, berat tapi bukan sesuatu yang mustahil. impossible is nothing. mari kita berdoa agar pasukan Garuda mampu terbang tinggi memberikan keceriaan bagi bangsa ini. GARUDA DI DADAKU, PIALA AFF DI TANGANKU..!

3 thoughts on “Garuda Diterkam Harimau

  1. nund jannah says:

    wah bner bgt tu kak,.. hahaha
    bikin menguras emosi nontonnya,..
    se’anarki” nya suporter kita,. tp blm pernah terlintas untuk berbuat curang,..
    junjung tinggi sportifitas,..
    n satu hal lagi yang bkin saia bingung,..
    jadwal Timnas yang seharusnya latihan pagi,.tapi malah di pakai untuk politik pagi (berkunjung ke rumah aburizal bakrie),..dan seharusnya istirahat malam malah istigozah malam(haduh,.. makin gak jelas aj:/ ..)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s