Penonton Lebih Hebat…?

dalam dunia sepakbola, ada sebuah joke yang mengatakan bahwa penonton lebih hebat dibandingkan pemainnya. berdasarkan realita yang ada, joke tersebut sangat tepat. bisa kita cermati pada saat menonton pertandingan sepakbola, penonton selalu berteriak dengan lantang apa yang seharusnya diperbuat oleh pemain di lapangan. layaknya seorang dewa sepakbola, mereka “mengajari” para pemain & tanpa segan menghujat pemain yang melakukan kesalahan.

Nah..sekarang, bagaimana kalau kondisinya paradoks? maksud saya, bagaimana kalau penonton diposisikan sebagai pemain dan pemain diposisikan sebagai penonton? hahahaa..saya yakin para dewa sepakbola yang tadinya bersuara lantang akan bungkam. bahkan untuk sekedar menendang bola pun saya yakin mayoritas para penonton banyak yang belum bisa. kalaupun mereka memang lebih hebat dalam urusan bermain sepakbola, seharusnya mereka lah yang berada di lapangan dengan menunjukkan bukti sahih kelayakan mereka , bukan malah duduk manis di tribun stadion atau di hadapan televisi (-faktanya demikian-).

mereka (baca: penonton) belum paham bahwa tidak mudah menginterpretasikan taktik di atas kertas ke permainan di lapangan. mereka belum paham dengan kondisi sebenarnya di lapangan. mereka belum paham bahwa sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi performa dari para pemain.

“lebih baik mengahadapi 1000 orang pintar dibandingkan menghadapi 1 orang bodoh (baca: belum paham)”

alangkah lebih baiknya jika kita sebagai penonton mampu memosisikan diri kita sebagai penonton yang arif dan santun. yang tidak hanya bisa teriak, tetapi juga memberikan dukungan, kepercayaan, dan doa agar para pemain mampu menyuguhkan permainan terbaik sebagai sebuah tim, bertahan ala catenaccio, mengorganisasi permainan secara tiki-taka, dan menyerang dengan jogo bonito dan sporadis layaknya total football. dan senyum kita pun terukir ketika melihat para pemain melakukan selebrasi kemenangan dengan sujud syukur kepada Sang Pencipta.

to say is easy, to do is difficult, and to make one understand is more difficult.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s