Sriwijaya FC Juara Inter Island Cup (IIC) 2010

Sriwijaya FC (SFC) kembali melanjutkan tradisi merengkuh trofi di setiap musim setelah berhasil menjuarai turnamen Inter Island Cup (IIC) 2010. Pada final yang berlangsung di stadion Gelora Sriwijaya, SFC berhasil menjinakkan tamunya, Persiwa Wamena dengan skor 2-0.  Gol-gol SFC dicetak oleh Park Jung Hwan di menit ke-19 dan Budi Sudarsono pada menit ke-62. Trofi ini juga menjadi persembahan pertama sang pelatih anyar, Ivan Kolev. Paling tidak ia mampu menepis sedikit keraguan tentang dirinya yang selalu berada di bawah bayang-bayang Rahmad Darmawan, pelatih SFC musim lalu.

Overall, permainan SFC cukup menjanjikan walaupun tanpa 6 pemain utamanya yang membela timnas. Skema 4-3-3 yang diterapkan benar-benar mampu membuat permainan tim lebih agresif, terutama serangan melalui sektor sayap yang memang selama ini menjadi andalan Ivan Kolev di manapun ia melatih. Trisula Budi-Park-Okto selalu membuat repot barisan pertahanan Persiwa, terutama Okto Maniani yang memiliki kemampuan dribbling dan skill yang mumpuni. Lini tengah yang digawangi trio Ponaryo-Dirga-Mahyadi juga mampu mengontrol permainan. Acungan jempol layak disematkan untuk penampilan Ponaryo dan Dirga Lasut. Passing-passing akurat merekalah yang selalu memanjakan Budi dan Park. Namun tidak demikian dengan Mahyadi Panggabean, penampilannya belumlah menggigit. Lini belakang harus menjadi perhatian serius bagi Ivan Kolev. Komunikasi dan Koordinasi harus menjadi titik berat, terutama untuk duet center-back. Claudiano dan Ahmad Jufrianto belumlah menyatu. Sesekali  pertahanan mereka mampu ditembus oleh through-pass.

Sedikit menerawang, melalui penampilan SFC di IIC 2010, saya rasa starting line-up untuk ISL musim depan sudah mulai terbaca. Skema 4-3-3 tetap menjadi pilihan utama. Berikut prediksi saya untuk starting line-up SFC musim depan:

BUDI SUDARSONO/KAYAMBA – PARK JUNG HWAN/JULIO CESAR – OKTO MANIANI/ARIF SUYONO

PONARYO ASTAMAN – DIRGA LASUT – FIRMAN UTINA

M RIDWAN – RAHMAT LATIEF/BOBBY SATRIA – CLAUDIANO/AHMAD JUFRIANTO – SUPARDI

FERRY ROTINSULU

Dari komposisi pemain yang ada, sektor penyerang memiliki komposisi yang berlimpah, paling tidak ini dimaksudkan untuk mengakomodasi kebutuhan tim dalam mengarungi 3 kompetisi sekaligus untuk musim depan yaitu ISL, Piala Indonesia, dan LCA/AFC Cup.

Ekspektasi publik bahwa tradisi merengkuh trofi tiap musim harus mampu dipertahankan oleh SFC. Yang jelas, target utama musim depan adalah menjuarai ISL 2010/2011, bukan tidak mungkin mengulang memori 2007, yaitu double winners.

“orang bilang aku ini kesurupan, demi SFC apapun ku lakukan . . . “

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s