Tipe Pecundang Yang Manakah Diri Kita?

Sahabat, ane akan berbagi pengetahuan tentang tipikal pecundang. Baca dengan cermat dan JUJUR ya. Check this out gan!

  1. Pecundang Yang Selalu Merasa Bernasib Malang
  2. Pecundang Yang Selalu Mencari Kambing Hitam
  3. Pecundang Yang Pasif

Pecundang Yang Selalu Bernasib Malang

Orang seperti ini cenderung selalu menyesali diri dan paling suka mengatakan hal-hal seperti:

  • “aku tak punya kepribadian yang kuat”
  • “kalau saja aku lebih cantik/menarik/tinggi/pendek/pintar”
  • “suaraku terlalu lemah dan tak perah didengarkan orang”
  • “aku tak pandai berkomunikasi dengan orang lain”
  • “aku tak bisa berbasa-basi”
  • “aku bukan anggota kelompok yang berguna”
  • “orang-orang tak suka padaku”

Pecundang Yang Selalu Mencari Kambing Hitam

Orang seperti ini dengan mudah menyalahkan atau mencela orang lain yang dianggapnya sebagai biang kelemahan mereka. Mereka akan mengatakan hal-hal seperti berikut:

  • “tak ada yang mau memikirkan pendapatku”
  • “organisasi tidak menghargai jasaku”
  • “hanya orang bersuara lantang yang akan didengarkan”
  • “aku tak pernah akur dengan orangtua/saudaraku”
  • “aku lulusan dari sekolah yang br*ngs*k”
  • “tak ada orang yang mau memberiku petunjuk”
  • “aku tak pernah punya cukup kesempatan untuk menyampaikan maksudku dengan tepat”
  • “posisiku belum senior”

Pecundang Yang Pasif

Contoh dari munculnya karakter dari pecundang pasif adalah jika kita bersikap keras kepala, kukuh mempertahankan gengsi, dan bersembunyi di balik ‘topeng’ kita. Pecundang pasif sering mengatakan hal-hal berikut:

  • “aku mau terus low profile saja”
  • “aku mau tetap tenang dan kita lihat saja bagaimana hasilnya”
  • “biarkan orang lain saja yang ribut”
  • “buat apa repot-repot ikut campur?”
  • “melihat dan menunggu adalah prinsipku”
  • “aku paling suka menjadi penonton”

Bagaimana dengan kita???

Leave a Reply

