Facebook Muslim

sahabatku, ternyata saat ini sudah ada beberapa facebook “tandingan”. Dari penelusuran ane, ada sekitar tiga “facebook” yang sudah mendeklarasikan dirinya. Yang menariknya, ketiga “facebook” ini dipelopori oleh komunitas muslim.

muslimbook

muslimbook merupakan “facebook” yang dibuat oleh muslim Afrika Selatan. Pembuatan situs ini dilatarbelakangi oleh maraknya halaman anti-Islam di facebook. muslimbook memiliki kemiripan yang identik dengan facebook.com, hal ini ditujukan untuk memudahkan migrasi facebooker ke muslimbook. muslimbook sendiri memiliki motto,”Muslims Alternative To Facebook”.

madina.com

salah satu facebook “tandingan” lainnya ialah madina.com. Tampilan awal situs ini sangatlah identik dengan facebook, yang membedakannya ialah warna hijau dominan yang digunakan. Situs pertemanan ini memiliki komitmen untuk mematuhi syariat Islam, mendorong persatuan kaum Muslim, dan melarang user perempuan untuk memasang foto mereka pada profil. Tagline yang digunakan ialah, “Madina helps you connect and share halal with the people in your life.”

ikhwanbook

Situs pertemanan ikhwanbook ini dikreasi oleh Ikhwanul Muslimin (IM) Mesir. Fasilitas dan fitur yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan facebook. Namun ikhwanbook menolak dikatakan menyaingi facebook, situs ini memilih paralel dengannya.

Bagaimana sahabatku, tertarik untuk bergabung dengan salah satunya atau ketiganya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s